Materi Bahasa Arab BAB SATU Addarsul awwalu addirasatu (belajar)
Kompetensi Dasar
3.1 Menyampaikan
informasi secara lisan tentang addirasatudengan lafal yang tepat dan benar dengan mengenal asmaul yaum ( nama-nama hari) dalam bahasa Arab.
4.1 Membaca nyaring dan melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang addirasatudengan menggunakan kalimat berstruktur: maf'ul bih, khabar kana, fi'il amr.
4.1
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menyebutkan nama-nama hari dalam bahasa Arab dengan benar
2. Menjelaskan kalimat dalam bahasa arab tentang apa itu maf'ul bih
3. Menjelaskan dengan benar kalimat khabar kana
4. Menjelasakn dengan benar kalimat fi'il amr (kata perintah)
Materi
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Anak-anak yang ustadzah banggakan setelah libur panjang ini marilah kita kembali lagi belajar bahasa Arab dengan tema yang berbeda kalian buka buku paket bahasa Arab kelas 8 semester 1 halaman 1.
Berikut dibawah ini adalah nama – nama hari dalam bahasa Arab lengkap dengan artinya :
Maf’ul bih adalah isim manshub yang menunjukkan kepada orang orang yang ditimpakan pekerjaan pelaku kepadanya dan bentuk pekerjaan tidak berubah karena adanya maf’ul.
Maf'ul Bih
Contoh:
كَتَبَ أَحْمَدَ الرِّسَالَةَ
يَفْتَحُ الأُسْتَاذُ بَابًا
شَرِبَتْ مَرْيَمُ اللَّبَنَ
Artinya:
Ahmad menulis surat
Ustadz membuka pintu
Maryam minum air susu
Dari contoh di atas kata (الرِّسَالَةَ), (بَابًا) dan (اللَّبَنَ) kedudukannya sebagai maf’ul atau objek dan irabnya nashab. Tanda nashab ketiga kata tersebut ditandai dengan fathah diakhirnya.
B. Pembagian Maf’ul Bih
Dilihat dari bentuk katanya, maf’ul bih dibagi menjadi isim mu’rab, isim mabni dan mashdar muawwal.
1. Isim mu’rab
Maf’ul bih berupa isim mu’rab apabila isim yang menjadi maf’ul berubah irabnya ketika dimaasuki amil yang berbeda. Contoh maf’ul bih berupa isim mu’rab:
ضَرَبَ عَلِيٌّ كَلْبًا
يَقْرَأُ مُحَمَّدُ الْقُرْآنًا
Kata (كَلْبًا) dan (الْقُرْآنًا) bisa berubah irabnya sesuai amil atau kedudukannya.
2. Isim Mabni
Maf’ul bih juga bisa berupa isim mabni seperti isim dhamir, isim isyarah dan isim maushul. Maf’ul bih yang terdiri dari isim dhamir (kata ganti) terbagi menjadi dua, yaitu:
Mashdar muawwal (أَنْ) dan (تَشْهَدَ) merupakan maf’ul bih dari fi’il (أَمَرَ). Sedangkan kata (أَنَّ) dengan isim serta khabarnya merupakan maf’ul dari fi’il (تَشْهَدَ).
C. Kaidah Penempatan Maf’ul Bih
1. Posisi standar dalam bahasa Arab adalah fi’il, fa’il dan maf’ul.
Contoh:
يَفْتَحُ أَحْمَدُ الْأَبْوَابَ
سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللّهِ
2. Boleh mendahulukan maf’ul sebelum fa’il apabila maf’ul dan fa’ilnya berupa isim zhahir.
Contoh:
يَجْنِي القُطْنَ الفَلَّاحُ
3. Boleh mendahulukan maf’ul sebelum fi’il dan fa’il apabila maf’ulnya berupa isim zhahir.
Contoh:
فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ
4. Wajib mengakhirkan maf’ul apabila maf’ulnya berupa isim dhamir.
Contoh:
أَمَرْتُكَ
أَكْرَمَنِيْ أَحْمَدُ
5. Wajib mengakhirkan maf’ul apabila ditakutkan ada kesalahan faham apabila di dahulukan.
Contoh:
أَكْرَمَتْ عَائِشَة فَاطِمَة
Kalau maf’ulnya didahulukan maka akan ada yang menyangka bahwa maf’ulnya adalah yang terakhir.
6. Wajib mendahulukan maf’ul sebelum fi’il dan fa’il apabila maf’ulnya berupa isim dhamir munfashil.
Contoh:
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
7. Boleh menghilangkan fi’il dan fa’il dan menyisakan maf’ulnya saja apabila bisa dipahami dari susunan kalimat.
Contoh:
Apabila ada yang bertanya “kamu bertemu siapa kemarin?” dijawab (عَلِيًّا). Yang dimaksud adalah:
قَابَلْتُ عَلِيًّا
D. Tanda I’rab Maf’ul Bih
Sebagai mana telah dijelaskan di atas, bahwa maf’ul adalah isim manshub. Artinya irab dari maf’ul adalah nashab. Tanda nashab pada maf’ul adalah fathah, alif, kasrah dan ya’. Tanda irab ini hanya berlaku pada isim mu’rab saja.
1. Fathah
Fathah menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuk isim mufrad atau jama’ taksir.
• Isim mufrad
ضَرَبَ خَلِيْلٌ كَلْبًا
• Jama’ taksir
كَتَبَ الْمُدَرِّسُ النُّصُوْصَ
2. Alif
Alif menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila maf’ulnya berbentuk isim lima.
رَأَيْتُ أَبَاكَ
3. Kasrah
Kasrah menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuknya jama’ muanats salim.
رَاَيْتُ الطَّالِبَاتِ
4. Ya’
Ya’ menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuk isim tatsniyah atau jama’ mudzakkar salim.
• Isim tatsniyah
ضَرَبَتْ سَلْمَى قِطَّيْنِ
• Jama’ mudzakar salim
رَأَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ
Apabila maf’ul berupa isim mabni, tanda i’rabnya tidak berubah. Akan tetapi i’rabnya sesuai dengan mahalnya pada kalimat.
Contoh:
اِشْتَرَيْتُ هَذَا الْكِتَابَ
Kata (هَذَا) merupakan maf’ul bih yang berupa isim isyarah. Irabnya fi mahal marfu’.
أَكْرِمْ مَنْ أَكْرَمَكَ
Kata (مَنْ) merupakan maf’ul bih yang berupa dhamir munfashil. Adapun dhamir kaf (كَ) merupakan maf’ul yang berupa dhamir muttashil. Irabnya fi mahal marfu’.
ALHAMDULILLAH BAB 1 SUDAH SELESAI UNTUK MELANJUTKAN BAB KE DUA KITA ADAKAN PENILAIAN HARIAN KE 1 DULU YAA...
NANTI USTADZAH KIRIM LINK NYA LEWAT GRUB WA KELAS ILA LIQO' MA'A SALAMAH AAMIIN WASSALAMUALAIKUM
BAB DUA TENTANG مِهْنَة (PROFESI)
PERTEMUAN PERTAMA
Coba bacalah dan artikan khiwar ( percakapan ) di atas !
mengenal kosa kata ( mufrodad) khiwar di atas
guru (مدرس)
mengajar (يعلم)
murid(jmk) (التلاميذ)
bekerja (يعمل)
sekolah (المدرسة)
dokter (طبيب)
memeriksa (يعالج)
pasien (المرضي)
rumah sakit ( المستشفي)
MOHON DI HAFALKAN YAA!!
Bacaan texs dibawah ini !
artinya adalah
ini ayahku, namanya Ismail. Dia seorang guru di SMP Islam dan dia bekerja sebagai guru Bahasa Arab
coba kalian tirukan dengan merekam suara kalian dan kirim ke alamat email Mardiyah.asrori86@gmail.com
SELAMAT MENGERJAKAN!
PERTEMUAN KE DUA
MENGENAL KOSA KATA!
komputer كمبيوتر
cangkul مجرفة
pasar سوق
perahu زورق
kapal laut سفينة
gergaji منشار
paku مسمار
pukul مطرقة
Polisi شرطي
MOHON DI HAFALKAN YAAA!
Lanjut kaidah bahasa
1. Khabar Muqoddam
adalah khobar yang berada di awal kalimat, atau khobar yang mendahului mubtada'nya.
Awalnya Khobar itu di belakang seperti contoh di bawah ini!
2. Jumlah Fiiliyyah
adalah kalimat yang diawali dengan fiil(kata kerja) dan fail (pelaku).
contohnya :
( رَكِبَ عَلِيٌّ الدَّرَّاجَةَ ) Artinya adalah : Ali naik sepeda.
keterangan :
رَكِبَ artinya naik ( berupa fiil atau kata kerja)
عَلِيٌّartinya Ali (berupa faail atau pelaku )
3. Jumlah Ismiyyah
adalah kalimat yang terdiri dari mubtada' (isim/kata benda yang berada diawal kalimat) dan khabar ( yang menerangkan mubtada')
contohnya :
مُحَمَّدُ قَرَأَ الكِتَابَ
artinya Muhammad telah membaca buku.
Khabar terdiri dari 3 macam:
1. khabar mufrod yaitu khabar yang hanya berupa sebuah isim atau khabar.
contohnya :
زَيْدٌ قَائِمٌ artinya Zaidun sedang berdiri
2. Khabar Jumlah adalah khabar yang berupa kalimat yang sempurna.
Macamnya ada dua yaitu:
a. Khabar jumlah fi'iliyyah yaitu khabar yang berupa kalimat yang diawali dengan kata kerja.
contohnya :
الطَّالِبُ رَجَعَ مِنَ الْمَدْرَسَةِ
Murid itu pulang dari sekolah.
b. Khabar jumlah ismiyyah yaitu khabar yang berupa kalimat yang diawali dengan kata benda.
contohnya ada di gambar di atas.
3. Khabar syibhu jumlah.
adalah khabar yang berupa frase. frase ini berupa adat jarr dan isim majrurnya. Adapun adad jarr berupa huruf jarr, zarful makan ( keterangan tempat), maupun zarfuzzaman ( keterangan waktu).
الجّوَّالُ عَلَى المَكْتَبِ = al-jawwalu 'ala al-maktabi = HP itu di atas meja.
- mubtada' = al-jawwal
- khabar = 'ala al-maktabi
- khabarnya lebih dari satu kata, yaitu terdiri dari huruf jar dan isim majrur.
- maka khabarnya termasuk khabar yang syibhul jumlah.
ALHAMDULILLAH MATERI KITA BAB DUA SUDAH SELESAI
HARAPAN USTADZAH KALIAN FAHAM APA YANG TELAH USTADZAH AJARKAN KEPADA KALIAN SEMUA
BAHAN PTS DARI BAB 1 DAN 2
MA'AN NAJJAH AAMIIN
BAB 3
ASSYIRA'U WAL BAI'U (JUAL BELI)
Pertemuan 1
Kalian buka buku paket halaman 36-37 dan marilah kita baca dan pelajari khiwar( percakapan ) yang ada di dalamnnya.
mengenal kosa kata dalam bab ini!
rubiyatan ( rupiyah)
alqolamu( bulpoin )
azraqu ( biru)
launun ( warna)
kalian diskusikan materi dalam khiwar bersama-sama dengan baik dan benar ! sebelum kalian masuk pertemuan berikutnya kalian rangkum materi yang ada di buku halaman 41-45 kirim rangkuman lewat pdf ke Email mardiyah.asrori86@gmail.com
Pertemuan 2
1. Isim Istifham
Isim Istifham adalah kata untuk menanyakan sesuatu hal.
macamnya banyak sekali tetapi di bab 3 ini cukup 1 saja yaitu : ayyun ( mana, berapa, dan kapan )
- kata ayyun buat pertanyaan yang berjenis mudzakar ( laki-laki )
- kata ayyatun buat pertanyaan yang berjenis muaanas ( perempuan )
contohnya: ayyu qolamin satasytarii ? polpen mana yang akan kamu beli ?
kata mana itu adalah ismul istifham berupa ayyun.
2. Khabar Mufrod
adalah khabar yang berupa isim jamid atau isim musytaq.
isim jamid adalah isim yang tidak mengandung sifat.
Semester 1 MATERI BAHASA ARAB BAB 1 ADDARSUL AWWALU ASSAFARU (PERJALANAN) Kompetensi Dasar 3.1 Menyampaikan informasi secara lisan tentang assafaru atau perjalanan dengan lafal yang tepat dan benar dengan mengenal nama-nama alat transportasi dalam bahasa Arab. 4.1 Membaca nyaring dan mel afalkan huruf hijaiyyah , kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi tentang assafaru atau perjalanan dengan menggunakan kalimat berstruktur: ismul istifham dan jamak taksir, jamak mudhakar salim dan jamak muannas salim. TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam bahasa Arab dengan benar. 2. Menyebutkan alat transportasi dalam bahasa Arab dengan benar. 3. Menjelaskan apa yang di maksud dengan isim istifham dan pengertian jamak taksir, jamAK muannas salim, dan jamak mudhakar salim. PERTEMUAN PERTAMA SIMAK GAMBAR DI ATAS DAN BACALAH ! . T1. PEMBAHASAN MUمفرادة ( kosa kata) tentang perjalanan ( السغر) b Bacalah dan hafalkan!
MATERI BAHASA ARAB KELAS 7 TENTANG BUAH-BUAHAN SOAL 1. Apakah bahasa arabnya buah apel? 2. Apakah bahasa arabnya buah kurma? 3. Apakah arti dari burtukolun? 4. Apakah arti dari mauzun? 5. Apakah bahasa arabnya buah alpokat?
Komentar
Posting Komentar